Sekretaris merupakan sebuah proesi administratif yang bersifat asisten
atau mendukung.Gelar ini menunjukan kepada sebuah pekerj kantor yang
tugas nya selalu melaksanakan pekerjaan rutin,tugas tugas administratif
atau tugas tugas pribadi dari atasan nya.
Sekretaris biasa nya melakukan tugas tugas seperti mengetik pengguna
komputer dan penggunaan komputer dan pengaturan agenda,Mereka biasanya
bekerja di belakang meja.Sebagian besar yang menekuni profesi ini adalah
wanita.
Pada masa sekarang di harapkan sekretaris memahami bahwa setiap proses
aspek jabatan mempunyai jabatan tertentu seperti waktu penyelesaian
tugas dengan baik,menerapkan metode atau prosedur tertentu dan
mempengaruhi orang lain.
Berikut ini ada beberapa saran yang bisa anda lakukan.
1.Menampilkan Citra Perusahaan
Citra perusahaan adalah hal yang harus di junjung tinggi,karena posisi
ini tangan kanan atasan maka harus mampu menampilkan citra perusahhan
yang baik.
2.Baik dan Bertanggung Jawab
Sekretaris juga harus ramah,baik,dan bertanggung jawab pada semua tugas
nya.Bukan hanya baik kepda atasan tetapi juga harus baik pada relasi dan
kawan sekantor.Ia harus memiliki hubungan interpersonal yang baik yang
mampu mendorong semangat kerja.
3.Mempelajari dinamika organisasi memahami wewenang atau tanggung jawab dengan baik
Jangan sampai kurang jelas memahami intruksi yang menjadikan salah
tafsir.Mencari cara kerja baru yang lebih efektif sebagai cara baru
untuk memecahkan persoalan.
4.Pandai menjaga rahasia
Sebagai tangan kanan atasan dan selalu mendapat kepercayaan dari atasan
sekertaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupu rahasia
pribadi sang atasan.
5.Memahami Acounting dan Pembukuan
Acounting dan pembukuan juga harus di kuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor dngan baik.
6.Menguasai teknologi
Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan tetapi juga harus update terhadap kemajuan teknologi.
7.Mempelajari karakter atasan
Kenalilah karakter atasan agar anda tidak salah dalam bertindak dan mengambil keputusan.
8.Menghargai bahasa asing
Keterampilan ini bisa menjadi nilai tambah yang harus dimiliki oleh
seorang sekretaris ,karena biasanya ia akan sering diminta atasan untuk
bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negri.
9.Mempunyai etika yang baik
Seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik yaitu dalam hal
berbicara,makan duduk dan sebagainya.Karena itu sangat berkautan dengan
citra perusahaan.
10.Menjaga kondisi fisik maupun fsikis
Dengan makan makanan bergizi baik kebiasaan berdisiplin untuk bekerja
maupun banyak bersantai berguna dalam menghadapi stres cara kita
bereaksi terhadap stres juga perlu di perhitungkan.
11. Pandai berbicara di depan Publik
Kadang sekretaris diminta untuk menemani atasan untuk melakukan
presentasi menggantikan atasan.Karena itu ia harus bisa belajar
berbicara dengan publik atau pada saat meeting.
Cara Menjadi Sekretaris
Profesional
cara menjadi sekretaris profesionalCiriCara.com – Apa yang ada pada
bayangan Anda ketika mendengar kata sekretaris? Ketika mendengar kata
sekretaris tentunya sebagian besar orang mengatakan bahwa seorang wanita
cantik dengan penampilan yang rapi dan selalu berada di kantor dengan
membawa map atau beberapa helai kertas untuk sang pemimpin.
Anggapan tentang sekretaris itu memang benar karena sekretaris merupakan
seseorang yang membantu pekerjaan bos atau pemimpin. Selain itu,
sekretaris juga terkadang diberi kepercayaan untuk mengetahui dan
menjaga rahasia perusahaan karena dirinya berhubungan langsung dengan
bos atau pemimpin.
Keberadaan sekretaris cukup penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya
sekretaris, pimpinan perusahaan akan sulit fokus pada
pekerjaan-pekerjaan besar sebagai seorang pemimpin sehingga harus ada
sekretaris yang bisa mengurusi berbagai keperluan-keperluan “Kecil” sang
pemimpin.
Untuk bisa mengurusi segala urusan perusahaan dengan baik, seorang
sekretaris harus profesional. Namun, ketahuilah bahwa sekretaris
profesional itu tak harus wanita cantik yang berpenampilan menarik.
Seorang pria pun juga bisa menjadi sekretaris profesional.
Bagi Anda yang ingin menjadi sekretaris profesional, berikut tips yang
bisa diberikan:
1. Memiliki kepribadian yang baik
sekretaris
Seorang sekretaris bukan hanya harus berpenampilan menarik, tapi juga
harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris profesional
harus ramah, baik, dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan
hanya baik kepada bos saja, tapi sekretaris juga harus menunjukkan
kepribadian yang baik kepada relasi atau kawan sekantor.
2. Memiliki etika yang baik
Selain memiliki kepribadian yang baik, seorang sekretaris juga harus
memiliki etika yang baik. Etika yang baik itu, seperti baik dalam hal
berbicara, makan, duduk, dan lain sebagainya. Etika yang baik itu harus
dimiliki oleh seorang sekretaris karena berkaitan dengan citra
perusahaan.
3. Pandai bicara di depan publik
Terkadang, sekretaris diminta untuk menemani pemimpin untuk melakukan
presentasi menggantikan dirinya. Untuk itu, seorang sekretaris harus
bisa belajar bicara yang baik di depan publik atau pada saat meeting.
4. Membuat citra baik untuk perusahaan
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Karena
sekretaris merupakan tangan kanan sang pemimpin perusahaan, dirinya
harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Buatlah citra perusahaan
baik di hadapan perusahaan yang lain atau publik.
5. Pandai menjaga rahasia
Seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan oleh pemimpin untuk
mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut dikarenakan
sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan oleh
sang pemimpin. Untuk itu, seorang sekretaris harus pandai menjaga
rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pemimpin.
6. Mengerti teknologi
Seorang sekretaris bukan hanya pandai berdandan, tapi harus juga
mengerti teknologi. Dengan mengerti teknologi tentunya akan memudahkan
seorang sekretaris untuk mendapatkan informasi, menerima atau mengirim
email, dan lain sebagainya.
7. Mengerti accounting dan pembukuan
Sekretaris juga harus mengerti accounting dan pembukuan. Hal tersebut
harus dikuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor. Dengan menguasai
hal tersebut, tentunya Anda bisa menjadi seorang sekretaris profesional.
8. Harus bisa bahasa asing
Menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah jika dimiliki oleh seorang
sekretaris. Terkadang, atasan meminta seorang sekretaris untuk bertemu
dengan relasi yang berasal dari luar negeri.
Read more at:
http://ciricara.com/2013/04/02/ciricara-cara-menjadi-sekretaris-profesional/Copyright © CiriCara.com
Sekretaris merupakan sebuah proesi administratif yang bersifat asisten
atau mendukung.Gelar ini menunjukan kepada sebuah pekerj kantor yang
tugas nya selalu melaksanakan pekerjaan rutin,tugas tugas administratif
atau tugas tugas pribadi dari atasan nya.
Sekretaris biasa nya melakukan tugas tugas seperti mengetik pengguna
komputer dan penggunaan komputer dan pengaturan agenda,Mereka biasanya
bekerja di belakang meja.Sebagian besar yang menekuni profesi ini adalah
wanita.
Pada masa sekarang di harapkan sekretaris memahami bahwa setiap proses
aspek jabatan mempunyai jabatan tertentu seperti waktu penyelesaian
tugas dengan baik,menerapkan metode atau prosedur tertentu dan
mempengaruhi orang lain.
Berikut ini ada beberapa saran yang bisa anda lakukan.
1.Menampilkan Citra Perusahaan
Citra perusahaan adalah hal yang harus di junjung tinggi,karena posisi
ini tangan kanan atasan maka harus mampu menampilkan citra perusahhan
yang baik.
2.Baik dan Bertanggung Jawab
Sekretaris juga harus ramah,baik,dan bertanggung jawab pada semua tugas
nya.Bukan hanya baik kepda atasan tetapi juga harus baik pada relasi dan
kawan sekantor.Ia harus memiliki hubungan interpersonal yang baik yang
mampu mendorong semangat kerja.
3.Mempelajari dinamika organisasi memahami wewenang atau tanggung jawab dengan baik
Jangan sampai kurang jelas memahami intruksi yang menjadikan salah
tafsir.Mencari cara kerja baru yang lebih efektif sebagai cara baru
untuk memecahkan persoalan.
4.Pandai menjaga rahasia
Sebagai tangan kanan atasan dan selalu mendapat kepercayaan dari atasan
sekertaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupu rahasia
pribadi sang atasan.
5.Memahami Acounting dan Pembukuan
Acounting dan pembukuan juga harus di kuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor dngan baik.
6.Menguasai teknologi
Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan tetapi juga harus update terhadap kemajuan teknologi.
7.Mempelajari karakter atasan
Kenalilah karakter atasan agar anda tidak salah dalam bertindak dan mengambil keputusan.
8.Menghargai bahasa asing
Keterampilan ini bisa menjadi nilai tambah yang harus dimiliki oleh
seorang sekretaris ,karena biasanya ia akan sering diminta atasan untuk
bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negri.
9.Mempunyai etika yang baik
Seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik yaitu dalam hal
berbicara,makan duduk dan sebagainya.Karena itu sangat berkautan dengan
citra perusahaan.
10.Menjaga kondisi fisik maupun fsikis
Dengan makan makanan bergizi baik kebiasaan berdisiplin untuk bekerja
maupun banyak bersantai berguna dalam menghadapi stres cara kita
bereaksi terhadap stres juga perlu di perhitungkan.
11. Pandai berbicara di depan Publik
Kadang sekretaris diminta untuk menemani atasan untuk melakukan
presentasi menggantikan atasan.Karena itu ia harus bisa belajar
berbicara dengan publik atau pada saat meeting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar